cara mudah mengatasi error eFaktur tahun 2022

Dalam rangka menjalankan kewajiban sebagai PKP (pengusaha kena pajak) yaitu membuat faktur pajak dan melaporkan SPT Masa PPN melalui web efaktur, Tidak jarang ditemui kendala-kendala. Salah satu kendala tersebut adalah kendara error efaktur.

Kendala-kendala error efaktur dan error web efaktur tersebut dapat terjadi karena kesalahan pengisian, aplikasi yang corrupt, sertifikat elektronik, atau bahkan server DJP sedang error.

Berikut merupakan cara mudah untuk mengatasi error efaktur

Error ETAX 40001 tidak dapat terhubung dengan etaxinvoice server

ETAX 40001 tidak dapat terhubung dengan etaxinvoice server

Salah satu jenis error yang paling sering ditemui pada aplikasi efaktur adalah Error etax 40001 tidak dapat terhubung dengan etaxinvoice server . Error ini biasanya terjadi saat pertama kali membuka aplikasi efaktur atau saat menjalankan manajemen upload. Error tersebut dapat terjadi karena beberapa hal yaitu

  1. Tidak terdapat jaringan internet atau jaringan internet tidak lancar.
  2. Aplikasi efaktur diblokir oleh firewall atau antivirus yang digunakan pada computer.
  3. Sertifikat elektronik yang digunakan sudah kedaluwarsa, sudah tidak aktif, atau terdapat sertifikat elektronik baru.
  4. Terdapat banyak antrian, error server DJP, atau pemeliharaan server efaktur DJP

Atas error aplikasi efaktur tersebut pengusaha kena pajak dapat melakukan langkah berikut sebagai solusi error ETAX 40001 tidak dapat terhubung dengan etaxinvoice server tersebut.

  1. Pastikan koneksi internet lancar.
  2. Matikan antivirus atau firewall saat mengakses efaktur.
  3. Selain mematikan antivirus atau filewall, wajib pajak juga dapat mencoba mengizinkan efaktur melewati firewall (control panel>System and Security>Windows Defender Firewall>Allowed apps>pilih efaktur) dan menambahkan aplikasi efaktur pada daftar pengecualian antivirus (apabila menggunakan windows defender dapat melalui windows defender>virus and threat protection setting>exclusion>add exclusion>pilih efaktur).
  4. Cek masa berlaku sertifikat elektronik pada enofa.
  5. Apabila sudah tidak berlaku, lakukan permintaan sertifikat elektronik.
  6. Sebaiknya melakukan unduh ulang sertifikat elektronik dan menginput sertifikat baru tersebut pada aplikasi efaktur.

error efaktur Java runtime environment not found

ETAX API 10001 upload faktur corrupt

ETAX API 10001 upload faktur corrupt terjadi saat melakukan upload faktur pajak dan mengakibatkan upload faktur pajak gagal untuk dilakukan. Error ini terjadi apabila terdapat special karakter atau karakter tidak standar (UTF-8) pada faktur pajak yang dibuat. Silakan pastikan kembali pada nama wajib pajak, alamat, uraian, detail transaksi, nama barang, dll agar tidak terdapat karakter special seperti tanda $, &, @, tanda kurung, dll. Lalu lakukan upload ulang faktur.

ETAX 30029 nomor faktur tidak benar

ETAX 30029 nomor faktur tidak benar

Error ETAX 30029 biasanya terjadi saat melakukan perekaman faktur pajak. Error tersebut terjadi karena nomor seri faktur pajak yang dimasukkan sudah habis atau tidak dapat digunakan untuk tanggal tersebut.

Apabila nomor seri faktur pajak telah habis digunakan, lakukan permintaan nomor seri faktur pajak sebelum melakukan perekaman faktur pajak baru. Apabila sudah melakukan permintaan NSFP, pastikan nomor seri yang diterima telah diinput pada menu referensi>nomor seri faktur pajak

Mengatasi error efaktur ETAX 30029 nomor faktur tidak benar

Apabila setelah memastikan hal tersebut tetapi masih muncul keterangan error yang sama, lakukan hal berikut.

  1. Pilih menu referensi, lalu pilih referensi nomor faktur
  2. Cek pada kolom kedua (nomor faktur akhir) dan kolom ketiga (nomor terakhir yang dipakai).
  3. Apabila terdapat nomor yang berbeda pada kedua kolom (selain NSFP terbaru) tersebut silakan klik nomor tersebut. Klik hapus range nomor faktur. Pada contoh diatas terdapat tiga baris nomor faktur yang berbeda (tahun 17, 18, dan 19), lakukan hapus range pada ketiga nomor tersebut.
  4. Akan muncul keterangan bahwa nomor seri tidak dapat dihapus, hanya dapat dilakukan update. Pilih yes.
Baca Juga :  Program Pengungkapan Sukarela (PPS), Tax Amnesty Jilid 2

Setelah mencoba langkah tersebut, lakukan rekam faktur kembali. Seharusnya keterangan error tersebut sudah tidak muncul dan perekaman faktur pajak dapat dilanjutkan seperti biasa.

error efaktur ETAX API 50042 format penulisan nomor PEB tidak valid

Sejak Masa November 2021, penulisan PEB sudah dilakukan validasi saat perekaman PEB sama seperti dokumen PEB. Format penulisan nomor dokumen PEB adalah No pendaftaran#No aju. Pastikan juga penulisan nomor aju tersebut tanpa tanda baca.

error efaktur Database efaktur rusak

Tidak jarang pengguna aplikasi efaktur mengalami file database yang rusak, bisa terjadi karena file corrupt, file kena virus, dll. Apabila mengalami hal tersebut, pengguna aplikasi dapat menggunakan file database backup. File backup ini dapat ditemukan pada folder aplikasi efaktur. Cara menggunakan database backup tersebut cukup dengan mengekstrak file db (database) backup yang terbaru dan replace folder db pada aplikasi efaktur. Untuk jaga-jaga silakan copy (backup) folder db efaktur ke tempat lain terlebih dahulu sebelum melakukan replace folder db pada efaktur.

Setelah menggunakan file db backup tersebut, pastikan kembali tidak ada faktur pajak yang hilang, apabila terdapat faktur pajak masukan yang hilang, rekam ulang faktur pajak masukan tersebut. Apabila terdapat faktur pajak keluaran yang hilang, lakukan permintaan data faktur pajak keluaran ke KPP terdaftar.

ETAX API 10025 Nomor Dokumen SPPB Tidak Boleh Kosong

Apabila mengalami kendala error ETAX API 10025 Nomor Dokumen SPPB Tidak Boleh Kosong ini, terlebih dahulu pastikan versi efaktur yang digunakan sudah versi 3.1, apabila masih menggunakan versi 3.0, lakukan update efaktur 3.1 terlebih dahulu.

Setelah melakukan update, akan terdapat kolom baru saat melakukan perekaman faktur pajak yaitu kolom nomor dokumen pendukung. Silakan isi Nomor SPPB pada kolom tersebut.

Share :

31 thoughts on “cara mudah mengatasi error eFaktur tahun 2022”

  1. izin bertanyaa, Etax 5-0003 pada saat inin upload pajak masukan impor itu rejeck dengan keterangan nomor dokumen sudah pernah digunakan padahal kenyataan nya blm pernah digunakan namun di web base efaktur nomor dokumen tsb muncul tapi di efaktur dia gagal upload trs itu gmn yaa? terimakasih

    1. Kalau sudah muncul di web efaktur, artinya sudah pernah berhasil upload. Coba di cek lagi di menu daftar dokumen lain PM, kemungkinan uploadnya double.

  2. Thanks fоr finaⅼly writing аbout > Cara Mudah Mengatasi Error EFaktur Tahun 2022 источник информации

  3. mohon maaf pas saat pengimputan dokumen SPPBMCP setelah upload timbul reject dikarenkan ETAX-API-50003 solusi nya bagaimana yaa ?

  4. izin tanya, saat upload faktur terjadi reject dengan keterangan “Java Heap Space”
    Solusi nya bagaimana ya?

  5. Ijin tanya kak
    Aplikasi faktur saya mengalami java heap space
    Apa ada versi terbaru lagi untuk aplikasi faktur apa gimana ya
    Tolong solusinya kak
    Terima kasih

  6. Izin tanya kak.
    ETAX-40001 pada saat mau upload, padahal koneksi internet bagus, e-sertificate juga masih panjang masa aktif nya.
    knp yaa kak?

    1. Etax 40001 berhubungan dengan keneksi dengan server. Coba upload lagi dan pastikan koneksi bagus. Kalau masih error coba langkah diatas sampai ke langkah 6.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

On Key

Related Posts

Nomor Seri Faktur Pajak (NSFP)

Pengusaha kena pajak yang melakukan penyerahan barang kena pajak atau penyerahan jasa kena pajak wajib menerbitkan faktur pajak atas transaksi tersebut. Penerbitan faktur pajak tersebut

Read More »