Cara download espt pph 21 dan cara install espt pph 21

Pada materi kali ini kita akan membahas bagaimana cara download espt pph 21 dan cara install espt PPh 21. Sebelumnya pada materi PPh pasal 21 telah dijelaskan bahwa pemberi kerja wajib memotong PPh 21 atas penghasilan yang diberikan ke orang pribadi. Pemotongan tersebut kemudian akan disetorkan ke kas negara dan dilakukan pelaporan menggunakan SPT Masa PPh 21.

Selain kewajiban menyetorkan dan melaporkan pemotongan tersebut, pemberi kerja juga memiliki kewajiban membuat bukti potong atas pemotongan yang dilakukan. Bukti potong tersebut kemudian akan diberikan ke orang pribadi penerima penghasilan (karyawan, tenaga ahli, dll).

Secara ringkas, pelaporan SPT Masa PPh 21 dilakukan dengan membuat file csv menggunakan aplikasi espt PPh 21 dan melaporkan file csv tersebut melalui efiling DJPOnline. Pembuatan bukti potong PPh 21 juga dilakukan dengan penggunakan aplikasi tersebut.

Oleh karena itu, sebelum lebih jauh tentang cara pembuatan bukti potong dan cara pelaporan SPT, kita akan belajar tentang cara download dan cara install espt pph 21 tersebut.

Cara download espt PPh 21

Aplikasi e spt PPh21 dapat diunduh pada laman resmi DJP. Untuk alasan keamanan sebaiknya tetap mengunduh aplikasi tersebut pada laman resmi DJP tidak mengunduh dari pihak lain.

Berikut cara mengunduh aplikasi tersebut.

  1. Buka laman resmi DJP (Pajak.go.id).
  2. Pilih menu unduh (terletak dibagian atas) dan pilih aplikasi perpajakan
  3. Pilih e-SPT Masa PPh Pasal 21-26 versi terbaru ( saat ini Versi 2.4.0.0)
  4. Selain melalui langkah tersebut juga dapat klik link berikut (e-SPT Masa PPh Pasal 21-26 Versi 2.4.0.0) untuk langsung menuju ke halaman download tersebut.
  5. Pada bagian berkas (bagian bawah) klik SingleInstallerE-SPT2126_V2.4.zip (untuk install pertama kali) atau klik Patch2.4.0.0.zip (apabila sudah memiliki versi sebelumnya dan ingin melakukan update versi).
  6. Selanjutnya browser akan mulai mengunduh file tersebut.
  7. Setelah proses download e spt PPh 21 selesai, silakan cek folder download.
Baca Juga :  Nomor Seri Faktur Pajak (NSFP)

Cara install espt PPh 21

Setelah melakukan download installer pada laman DJP atau telah mendapatkan installer espt pph 21 dari Kantor Pelayanan Pajak (KPP). Langkah selanjutnya adalah menginstall aplikasi tersebut pada Komputer atau laptop yang digunakan.

Berikut cara untuk menginstall aplikasi tersebut.

  1. Buka folder lokasi file installer yang telah di download atau diterima dari KPP
  2. Ekstrak file installer tersebut (dilakukan dengan cara klik kanan pada dile installer dan pilih ekstrak ke atau extract to)
  3. Buka folder yang telah diekstrak tersebut
  4. Buka folder debug dan buka file e-SPT package.
  5. Klik next sampai proses install mulai dijalankan dan pilih close saat proses install sudah selesai.
  6. Instalasi tersebut sudah selesai.
  7. Untuk membuka aplikasi tersebut dapat menuju ke C:\Program Files (x86)\DJP\e-SPT Masa 21-26 2014 (apabila lokasi install tidak diubah).
  8. Aplikasi tersebut bernama espt2114. Klik 2 kali pada aplikasi tersebut untuk membuka. Apabila terdapat pilihan user account control, pilih yes.
  9. Aplikasi sudah dapat digunakan.

Kendala tidak bisa download espt PPh 21

download espt pph 21 mozilla firefox
  • Apabila menggunakan Mozilla firefox dan muncul notifikasi pilihan open file dan save file (seperti gambar diatas), pilih save file.
cara download espt pph 21 microsoft edge
  • Apabila menggunakan Microsoft edge dan muncul notifikasi “cant download securely” klik titik tiga dibagian kanan lalu pilih keep (seperti gambar diatas). Setelah itu klik keep it anyway.

Error tidak terdapat database engine 2007

Error saat membuka espt PPh 21

Apabila muncul keterangan error tersebut saat membuka aplikasi dan memilih database, lakukan install Microsoft access database engine terlebih dahulu. Anda dapat menggunakan database engine 2007 atau database engine 2010 versi 32 bit. Aplikasi database engine tersebut dapat diunduh pada laman resmi microsoft.

Setelah melakukan proses download dan install tersebut, aplikasi espt pph 21 sudah siap untuk digunakan. Seperti yang telah disebutkan di atas, aplikasi tersebut akan digunakan oleh wajib pajak untuk melaporkan pemotongan yang telah dilakukan dan juga membuat bukti potong PPh 21.

Hasil dari aplikasi tersebut yaitu file csv yang akan dilaporkan dengan melakukan upload pada laman efiling DJPOnline dan bukti potong PPh atas pemotongan yang dilakukan (dapat disimpan dengan bentuk pdf). Bukti potong tersebut selanjutnya akan diserahkan ke pihak orang pribadi yang dilakukan pemotongan.

Selanjutnya kita akan membahas tentang cara menggunakan aplikasi espt PPh 21 tersebut. Yaitu tentang pembuatan SPT dan pembuatan bukti potong menggunakan aplikasi tersebut. Bukti potong untuk pegawai tetap, pemotongan PPh 21 bukan pegawai, maupun pegawai tidak tetap. Silakan nantikan meteri selanjutnya.

Share :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

On Key

Related Posts

Insentif Pajak 2022, PMK 3/PMK.03/2022

Baru, ketentuan insentif pajak 2022 kembali diterbitkan. Memasuki tahun 2022, penyebaran pandemi covid 19 belum juga usai. Menyikapi hal tersebut, Kementrian Keuangan kembali memberikan insentif

Read More »

PPh 21 Pegawai Tidak Tetap

Pajak Penghasilan Pasal 21 atau sering disebut juga sebagai PPh Pasal 21 dikenakan bagi orang pribadi wajib pajak dalam negeri. Seperti yang sudah pernah dibahas sebelumnya mekanisme

Read More »