Cara Mudah Update Efaktur 3.2 Terbaru

1 April 2022, Resmi menerapkan kenaikan tarif PPN menjadi 11%. Kenaikan tarif ini mengakibatkan perlunya dilakukan update efaktur terbaru, khususnya aplikasi efaktur dekstop. Penggunaan aplikasi efaktur 3.2 ini akan menggantikan versi aplikasi sebelumnya yang merupakan versi 3.1.

Pada materi kali ini kita akan membahas tentang cara update efaktur 3.2 serta kendala-kendala error yang dapat ditemui saat melakukan update aplikasi efaktur 3.2.

Cara update efaktur 3.2 terbaru

Pengusaha Kena Pajak (PKP) yang menggunakan aplikasi efaktur harus melakukan update aplikasi efaktur ke versi 3.2 untuk dapat melakukan upload faktur pajak. Apabila Wajib pajak belum melakukan update ke versi 3.2 (masih menggunakan versi 3.0/3.1, Maka akan terjadi error saat akan melakukan upload faktur pajak. Update 3.2 ini juga mengakomodir tentang kenaikan tarif PPN menjadi 11%. Cara update efaktur 3.2 terbaru adalah sebagai berikut.

  1. Lakukan unduh aplikasi e-faktur 3.2 pada laman download enofa (klik link enofa).
  2. Pilih patch update aplikasi e-faktur 3.2 (pada bagian nomor 1).
  3. Pilih versi aplikasi sesuai dengan versi komputer (sistem operasi) yang digunakan.
  4. Apabila tidak dapat mendownload file tersebut, coba dengan klik kanan lalu pilih “open in new tab” atau menggunakan browser lain seperti Mozilla firefox atau Microsoft edge.
  5. Selain unduh langsung di enofa, juga dapat meminta patch update efaktur ke KPP terdaftar.
  6. Setelah proses unduh selesai, ekstrak file yang telah diunduh.
  7. Agar dapat dibedakan dengan aplikasi versi lain, ubah nama file tersebut menjadi e-faktur versi 3.2 atau efaktur terbaru (opsional).
  8. Setelah mengubah nama folder, pindahkan folder aplikasi efaktur tersebut ke tempat yang diinginkan misalnya ke data D, data C, document, dll (opsional).
  9. Pastikan aplikasi efaktur (lama ataupun baru) dalam keadaan tertutup.
Baca Juga :  Ketentuan pembuatan faktur pajak terbaru, PER 03 PJ 2022
  1. Sebelum ke langkah selanjutnya silakan backup atau copy aplikasi efaktur lama ke tempat atau directory lain untuk mengantisipasi apabila terjadi error (opsional).
  2. Copy folder db dari aplikasi lama ke folder aplikasi baru (yang berisi folder java, etaxinvoice, dll).
  3. Jalankan etaxinvoiceupd.
  4. Setelah proses selesai, buka aplikasi efaktur (etaxinvoice). Apabila proses update telah berhasil setelah masuk ke aplikasi efaktur seharusnya akan menyatakan versi 3.2 pada versi aplikasi di bagian kiri atas
  5. Proses update telah selesai dan aplikasi efaktur 3.2 sudah dapat digunakan.
  6. Apabila Size folder db yang dimiliki cukup besar sehingga memenuhi kapasitas Komputer atau laptop, ubah nama etaxinvoiceupd (misalnya menjadi “etaxinvoiceupd_3.2”) agar tidak melakukan backup database setiap kali aplikasi dibuka.
  7. Apabila melakukan langkah ke 13, Kami sarankan untuk menjalankan aplikasi etaxinvoiceupd tersebut secara periodik (misalnya seminggu atau sebulan sekali) agar terdapat file backup dari database untuk mengantisipasi apabila terjadi error database di kemudian hari.

Kendala Error update efaktur 3.2

Error Tidak Dapat Melakukan Update

Error efaktur tidak dapat melakukan backup

Kendala Error tidak dapat melakukan update “the system cannot find the path specifed”, dapat muncul ketika menjalankan etaxinvoiceupd (sesuai langkah 12). Apabila mengalami hal tersebut, pastikan aplikasi efaktur dapat memiliki hak controlled access. 

update efaktur 3.2

Apabila menggunakan windows 10 dan menggunakan windows defender (antivirus dari windows), lakukan hal berikut.

  1. Klik notification di bagian kanan bawah (kotak merah pada gambar diatas, apabila notifikasi tidak muncul).
  2. Klik notifikasi “controlled folder access blocked etaxinvoiceupd.exe from making change”
  3. Klik notifikasi paling atas, pastikan nama etaxinvoiceupd.exe, dan protected folder untuk folder backup.
  4. Pada tombol action pilih allow access/allow app.
  5. Jalankan ulang etaxinvoiceupd.exe
Baca Juga :  Solusi Error Membuat SPT Tahunan Badan 2021 Melalui ESPT 1771
controlled access

Aplikasi efaktur tidak dapat diupdate

Apabila setelah melakukan update efaktur tetapi aplikasi tidak dapat dibuka, tidak terdapat notifikasi error. Terlebih dahulu lakukan pengecekan total RAM yang terpasang pada laptop atau komputer yang digunakan. Setelah mengetahui jumlah RAM yang terpasang, lakukan hal berikut.

  1. Buka mem_config pada folder efaktur.
  2. Ketik Jumlah RAM untuk efaktur dan tekan enter.
  3. Jumlah RAM untuk efaktur yang dimasukkan merupakan 1/2 -3/4 dari jumlah RAM laptop/komputer. Misalnya input 6000 apabila jumlah RAM 8 GB, input 2000 apabila jumlah RAM 4GB, dll.
  4. Coba buka kembali aplikasi efaktur.

Error download patch update efaktur

Patch update efaktur 3.2 dapat diunduh pada laman enofa. Namun apabila kesulitan mengunduh pada laman enofa, Aplikasi efaktur juga dapat diunduh pada laman pajak.go.id pada link berikut patch update efaktur 3.2.

Untuk mengunduh patch update tersebut, disarankan untuk menggunakan browser mozilla firefox atau microsoft edge. Apabila terdapat opsi open file atau save file, pilih opsi save file

Hal diatas merupakan cara untuk melakukan update aplikasi efaktur terbaru, yaitu efaktur versi 3.2. Apabila terdapat kendala lain saat melakukan update aplikasi efaktur, Silakan tinggalkan komentar. 

Sebelum melakukan update aplikasi efaktur tersebut, Pastikan untuk melakukan backup folder aplikasi efaktur terlebih dahulu untuk menghindari apabila terjadi kesalahan saat melakukan update (copy/paste) aplikasi efaktur.

Share :

4 thoughts on “Cara Mudah Update Efaktur 3.2 Terbaru”

    1. Saya sendiri belum pernah menggunakan windows 11. Coba jalankan aplikasi efaktur menggunakan compability mode ke windows 8/10. Sebelum menggunakan compability mode, backup dulu file efakturnya untuk menghindari masalah apabila error saat menggunakan compability mode. Pastikan di back up dulu.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

On Key

Related Posts

Insentif PPN DTP Sewa Ruangan (PMK 102 2021)

Senin, 9 Agustus 2021 pemerintah resmi memperpanjang Pemberlakuan Pengetatan Kegiatan Masyarakat (PPKM). Seiring dengan pemberitahuan tersebut, Pemerintah juga mengumumkan bahwa pusat perbelanjaan mulai dibuka secara

Read More »

Nomor Seri Faktur Pajak (NSFP)

Pengusaha kena pajak yang melakukan penyerahan barang kena pajak atau penyerahan jasa kena pajak wajib menerbitkan faktur pajak atas transaksi tersebut. Penerbitan faktur pajak tersebut

Read More »