Cara Download Espt Tahunan Badan Dan Install Espt 1771

Aplikasi espt tahunan badan atau sering disebut sebagai aplikasi espt 1771 diluncurkan oleh DJP pada tahun 2009. Penggunaan aplikasi tersebut mengakibatkan pelaporan SPT Tahunan badan untuk dapat dilakukan secara elektronik.

Sebelumnya, pada awal peluncuran aplikasi tersebut, pelaporan SPT Tahunan badan dilakukan dengan mengisi aplikasi espt tahunan badan lalu menghasilkan file CSV. File CSV tersebut kemudian disampaikan ke KPP terdaftar dan melampirkan SPT Tahunan badan beserta dokumen lampiran.

Namun saat ini, pelaporan SPT Tahunan badan tidak lagi disampaikan ke KPP terdaftar. File CSV yang merupakan hasil dari pengisian aplikasi kemudian akan diupload pada menu efiling DJPOnline. Setelah menyelesaikan proses upload dan kode verifikasi, Wajib pajak akan menerima bukti pelaporan elektronik yang dikirimkan melalui email.

Sebelum membahas lebih jauh tentang pelaporan atau pengisian aplikasi tersebut, Saat ini kita akan membahas tentang bagaimana cara download aplikasi espt tahunan badan dan bagaimana cara install aplikasi tersebut.

Cara download espt tahunan badan

Espt tahunan badan dapat didownload pada laman resmi DJP. Aplikasi terletak pada bagian menu unduh>aplikasi perpajakan. Halaman download tersebut juga dapat diakses melalui link berikut (espt tahunan badan). Lalu klik E-SPT PPh Badan.zip.

Apabila pada saat mendownload aplikasi tersebut proses download tidak berjalan (tidak ada respon dari laman DJP), Coba lakukan download menggunakan browser lain seperti Mozilla firefox atau Microsoft edge. Apabila menggunakan Mozilla firefox dan muncul pilihan open file atau save file, pilih save file. Lalu tunggu hingga proses download selesai.

Baca Juga :  PPh Pasal 26 (Pajak Penghasilan pasal 26)

Cara install aplikasi espt tahunan badan

installer espt tahunan badan

Berikut merupakan cara untuk menginstal aplikasi espt 1771.

  1. Pastikan proses download aplikasi spt tahunan badan diatas sudah selesai.
  2. Ekstrak file yang telah didownload.
  3. Buka file yang telah di ekstrak (pastikan sesuai dengan gambar diatas).
  4. Install aplikasi nomor 1. Install dilakukan dengan cara klik 2 kali lalu klik next hingga proses selesai.
  5. Install aplikasi nomor 2. Install dilakukan dengan cara klik 2 kali lalu klik next hingga proses selesai.
  6. Install aplikasi nomor 3. Install dilakukan dengan cara klik 2 kali lalu klik next hingga proses selesai.
  7. Aplikasi versi dollar bersifat opsional, Silakan diinstall apabila menggunakan pembukuan dan pelaporan SPT menggunakan mata uang dollar.
  8. Setelah proses instalasi selesai, cek lokasi instalasi aplikasi (terletak pada C:\Program Files (x86)\DJP\ apabila lokasi instalasi tidak diubah manual).
  9. Pada folder tersebut akan terdapat 2 jenis aplikasi yaitu espt 1771 (versi 2009) dan espt 1771 2010.
  10. Silakan buka aplikasi espt 1771 2010 dan lakukan registrasi aplikasi dengan mengisi data NPWP dan penanggung jawab.
  11. Aplikasi sudah siap untuk digunakan.

Espt 1771 (2009) dan espt 1771 2010

Pada materi diatas telah disebutkan bahwa setelah proses instalasi dilakukan, akan terdapat 2 versi aplikasi yaitu versi 2009 dan 2010. Mungkin akan terdapat pertanyaan aplikasi mana yang akan digunakan dalam proses pembuatan SPT.

Baca Juga :  Kenalan dengan SPT Tahunan Orang Pribadi 2022

Secara umum proses pembuatan SPT dilakukan menggunakan aplikasi versi 2010. Namun terdapat beberapa bug atau error pada versi 2010 yang mengakibatkan beberapa hal tidak dapat diisi menggunakan versi 2010 tersebut. Sehingga apabila pengguna mengalami kendala error (tidak bisa mengisi aplikasi) silakan untuk melakukan pengisian menggunakan aplikasi versi 2009.

Perlu diketahui bahwa aplikasi versi 2009 dan versi 2010 menggunakan database yang sama. Hal tersebut berarti database yang digunakan pada versi 2010 dapat digunakan pada versi 2009. Sehingga data yang telah diisi pada versi 2010 akan tetap terbaca pada saat mengisi menggunakan versi 2009 begitupun sebaliknya.

Hal yang perlu digarisbawahi bahwa pembuatan file CSV hanya dilakukan pada versi terbaru atau versi 2010. Sehingga apabila pengisian dilanjutkan dan diselesaikan menggunakan versi 2009. Pengguna aplikasi harus membuka kembali versi 2010 dan membuat file CSV menggunakan versi 2010.

Untuk mencegah terjadinya error dan database yang bermasalah, sebaiknya tidak membuka kedua aplikasi tersebut secara bersamaan. Apabila ingin membukan versi 2009, simpan formulir yang telah diisi lalu tutup aplikasi versi 2010 terlebih dahulu.

Beberapa hal yang tidak dapat dilakukan di versi 2010 adalah saat buat SPT baru untuk tahun 2021 keatas, pengisian SSP tertanggal 2021 keatas, dll. Apabila mengalami kendala error saat pengisian aplikasi tersebut, ikuti panduan pada artikel berikut Solusi Error Membuat SPT Tahunan Badan 2021 Melalui ESPT 1771.

Share :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

On Key

Related Posts

PPh 21 Pegawai Tidak Tetap

Pajak Penghasilan Pasal 21 atau sering disebut juga sebagai PPh Pasal 21 dikenakan bagi orang pribadi wajib pajak dalam negeri. Seperti yang sudah pernah dibahas sebelumnya mekanisme

Read More »